Skip to content

Istilah-istilah Kepariwisataan

October 23, 2012

Istilah- Istilah Kepariwisataan

 

  1. Sego ( jawa ) : nasi
  2. Amben ( jawa ) : tempat tidur
  3. Hotel : tempat untuk menginap sejenis kamar tidur yg identik berkelas.
  4. Bahari : perjalanan pariwisata yang berhubungan pada rekreasi atau melancong, yang objeknya adalah laut dan isinya    (berselancar, menyelam, berperahu ).
  5. Pramuwisata : seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya.
  6. Restoran : suatu tempat makan yang biasanya identik mewah dan besar yang di dalamnya menyediakan berbagai jenis hidangan makanan.
  7. Reservasi : Reservasi adalah suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu.
  8. Rekreasi : Suatu keinginan untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang biasanya bertujuan untuk menenangkan diri ataupun sekedar bersenang –  senang ( refreshing ).
  9. Mlaku – Mlaku ( jawa ) : dalam bahasa jawa artinya adalah jalan – jalan, meskipun bukan berarti jalan jauh untuk berwisata terkadang hanya jalan yang rutenya tidak jauh.
  10. Mlayu ( jawa ) : dalam bahasa jawa artinya berlari.
  11. Cinderamata : sebuah jenis oleh-oleh yang khas dari suatu tempat wisata yang biasanya untuk kerabat yang tidak ikut serta berwisata.
  12. Kekeran : sebuah alat yang digunakan untuk melihat suatu objek atau benda yang jaraknya agak jauh agar terlihat lebih dekat.
  13. Pengeras suara ( toa ) : alat pengeras suara yang digunakan untuk mengumpulkan orang yang berwisata dalam konteks luas, jika ada pemberitahuan atau info.
  14. Kacamata : sebuah alat untuk melindungi mata dari sninar cahaya matahari.para wisatawan sering menggunakan benda ini agar mata bisa terlindung dari cahaya matahari langsung.
  15. Kolam renang : sebuah objek wisata yang didalamnya terdapat berbagai wahana air, tempat ini sering menjadi tempat tujuan wisata karena tempatnya yang mengasyikan untuk berwisata.
  16. agritourism adalah sebuah alternatif untuk meningkatkan pendapatan dan kelangsungan hidup, menggali potensi ekonomi petani kecil dan masyarakat pedesaan.
  17. Pariwisata Bahari (marine tourism) adalah aktivitas wisata yang telah lama dikembangkan sebagai Tour Destination Object di Kepulauan Wakatobi. Hal ini sangat didukung dengan keberadaan Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi.
  18. Ekowisata yang dimaksud dalam kriteria ini adalah ecological tourism, yaitu suatu model pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab di daerah yang masih alami atau daerah-daerah yang dikelola secara kaidah alam untuk menikmati dan menghargai alam.
  19. wisata alam adalah perwujudan ciptaan manusia, tata hidup seni-budaya serta sejarah bangsa dan tempat atau keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi (Anonymous, 1986).
  20. Akomodasi berarti adanya kenyataan suatu keseimbangan (equilibrium) hubungan antar individu atau kelompok dalam berinteraksi sehubungan dengan norma-norma sosial dan kebudayaan yang berlaku.

 

Raulan Khalida (15610680)

Wanty Zahara (18610456)

Kelas : 3SA03

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: