Skip to content

Mengidentifikasi masalah sosial dan solusinya.

October 7, 2011

Masalah sosial yang ada di Indonesia salah satunya adalah gelandangan. Gelandangan adalah masalah serius bagi setiap kota, secara nyata agaknya persoalan ini mencerminkan problema sosial yang besar yang dapat ditemui dalam pergaulan hidup manusia di mana-mana termasuk di kota-kota di Indonesia. Dalam publikasi pers “GELANDANGAN” di Indonesia sering diistilahkan dengan”TUNA WISMA”-“TUNA KARYA” yang berarti orang-orang yang hidupnya tidak memiliki perumahan dan pekerjaan tetap.
Mereka yang menjalani kehidupan gelandangan (TUNA WISMA-TUNA KARYA) di kota-kota besar dapat dijumpai di trotoar, taman, lapangan, kolong-kolong jembatan dan tempat lain.
A. Sebab-sebab seorang menjalani kehidupan gelandangan

Menurut ahli-ahli penelitian mengenai gelandangan di berbagai kota besar di Indonesia dapatlah disimpulkan bahwa mereka hidup sebagai gelandangan karena beberapa faktor tertentu sebagai berikut :

1. Sebab-sebab yang berhubungan dengan jasmani dan rohani seperti :
a. Frustasi/tekanan jiwa.
b. Cacat mental.
c. Cacat fisik.
d. Malas Bekerja.
2. Sebab-sebab sosial/kemasyarakatan seperti :
a. di desa tidak dapat digunakan Pengaruh-pengaruh buruk dalam masyarakat (perjudian, madat, dll).
b. Gangguan keamanan dan bencana alam yang memaksa penduduk desa mengungsi atau berurbanisasi ke kota-kota.
c. Pengaruh konflik sosial di mana terdapat ketidak serasian hidup antara penduduk-penduduk desa yang mengadakan urbanisasi ke kota-kota dimana lapangan hidup telah tertutup dan keahlian yang biasa digunakan di kota.
3. Sebab-sebab ekonomi seperti :
a. Kesulitan menanggung hidup, lebih-lebih yang keluarganya besar.
b. Kecilnya pendapatan per kapita sehingga lambat laun tak dapat bekerja terus.
c. Kegagalan dibidang pertanian (areal tanah tidak dapat diperluas lagi untuk pertanian) belum berkembangnya industry sehingga tidak dapat menampung tenaga kerja.
B. Penghidupan dan kehidupan gelandangan
Tuna Wisma/Tuna Karya di kota-kota dapat dijumpai dalam bentuk perorangan (tidak berkelompok) dan berkelompok. Gelandangan yang terikat pada suatu kelompok akan taat terhadap kepala kelompok yang mengorganisir untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu seperti cari kertas, pecahan kaca, puntung rokok, dll. Sedangkan yang tidak berkelompok bebas melakukan sesuatu sesuai kehendaknya.
Sekalipun gelandangan hidup tanpa pekerjaan tetap (nganggur) tetapi menurut penelitian, ternyata mereka mempunyai pencaharian juga untuk membiayai hidupnya dengan melakukan usaha-usaha :
1. Membecak.
2. Memburuh (kuli).
3. Mencari puntung rokok, pecahan kaca, dll.
4. Melacurkan diri.
5. Kerja di penampungan.
6. Mengemis
7. Dan lain-lain.

Dari pencaharian-pencaharian tersebut mereka memperoleh penghasilan tiap hari diantara Rp.500,- sampai dengan Rp.1500,-atau lebih. Untuk pengeluaran tiap hari, hampir sama dengan jumlah penghasilan, dengan demikian dapat dikatakan sekalipun lahiriah gelandangan dilihatnya hidup tak wajar tetapi sampai akhir-akhir ini nampak mereka masih dapat membiayai hidupnya. Juga ada yang terjun sebagai pencuri, dll.

C. Usaha-usaha mengatasi gelandangan

Secara singkat dapat dikemukaan bahwa Pemerintah Daerah biasanya bekerja sama dengan polisi (vice control) dan jawatan sosial melakukan kegiatan-kegiatan mendangulangi gelandangan dengan usaha sebagai berikut :

1. Mengadakan razzia penangkapan kemudian ditampung di suatu tempat di luar kota untuk direhalilitir.
2. Menampung para gelandangan untuk dididik dan dipersiapkan untuk dikembalikan ke masyarakat setelah memiliki kepandaian atau ditransmigrasikan.

Nama : Raulan Khalida
Kelas : 2 sa 03
Npm : 15610680

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: